Skip to main content

riafiranty.com

Welcome to my personal blog :)

Supper Happy! :) Finally, selesai juga setting ubah domain blog ini. yey! susah-susah gampang sih sebenarnya. hahahha but for the first time, it's easy enough for me. so, i will sharing this experience for you guys.... "Cara ubah domain blogspot menjadi domain .com"

Berikut ini akan aku bahas step by step nya :
  1. Harus punya blog tentunya :D
  2. Kemudian daftar domain yang kalian mau (sebagai address blog kalian). Kalau aku pakai qwords. oh iya harus ada account juga, jadi kalau belum ada account, register dulu yah.

  3. Jika sudah register, silahkan input domain yang kalian inginkan. Lalu pilih domain dari beberapa alternatif domain yang available. Jika sudah, click add to cart. Oh iya, better tick mark DNS Manager, gunanya agar domain kalian otomatif terdaftar di domain parking tanpa harus kalian daftarkan domain parking. Lalu click update to cart and then click check out apabila kalian sudah yakin.
  4. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pemberitahuan invoice mengenai belanjaan kalian dan konfirmasi tsb juga langsung masuk ke email kalian, so jangan sampai register dengan sembarang email yah. Dalam email yang berisi tagihan tsb juga sudah cukup jelas diinformasikan mengenai apa-apa saja yang harus kalian lakukan. Oh iya, sekarang ini qwords juga memudahkan pembeli dengan sistem "transfer dengan angka unik" (amount nya sesuai dengan yang di email bukan sesuai tagihan awal) dimana manfaatnya adalah pembayaran kita akan otomatis diproses tanpa harus melakukan konfirmasi pembayaran dan jangan lupa untuk menuliskan "nomor invoice nya" di berita acara agar memudahkan proses verifikasi. Untuk masalah lebih bayar nya tidak perlu khawatir karena pihak qwords menginformasikan bahwa "Kelebihan Pembayaran untuk angka unik ini akan dimasukkan ke dalam DEPOSIT dalam akun Qwords.com Anda." - semuanya jelas tertulis di email, silahkan di baca emailnya dengan detail.
  5. Next, usahakan melakukan pembayaran 7x24 jam yah dan jangan lupa "angka unik". Aku sudah membuktikannya, ternyata setelah bayar sesuai dengan step yang sudah aku lakukan (lih. nomor 4), aku sudah mendapat email konfirmasi bahwa domain aku sudah diproses.
  6. Langkah selanjutnya.... Sign in blogger >> masuk ke dashboard >> pilih setting-basic kemudian click Setup a 3rd party URL for your blog. Lalu input domain kalian (jangan lupa sertakan www. nya yah) and click save. Jika sudah, pasti tampilan nya seperti ini. Tadaaaaaaaaaaa..... "error"
     
    Don't worry, 
    tenang aja ini bukan karena salah kok. Langkahnya memang sudah benar, memang harus error seperti ini dulu. Sama seperti hidup, harus ada salah dulu baru kita bisa "belajar" dari kesalahan lalu memulai kembali dengan lebih berhati-hati.  Oh iya, page tsb jangan langsung di close yah karena itu akan diperlukan untuk keperluan setting DNS (domain kalian), terlebih yang aku kotakin warna ungu karena itu adalah kode unik nya.
  7. Tahap selanjutnya adalah kembali ke masa lalu kembali ke jalan lama kembali ke memory indah itu lagi ke Qwords, seperti biasa login dulu di tab client login nya baru setelah itu ke tab domain >> pilih my domain >> manage domain >> management tool >> manage DNS
  8. Next, ini tahapan akhir dan penentu, di tahapan inilah aku "kebingungan." Hahahha padahal uda ada tutorial yang lengkap di qwords itu sendiri tapi masih bingung ga ngerti gitu but akhirnya aku tetap berhasil dong :p  

    Setelah click "Manage DNS" cari host name domain kalian dengan type A lalu ubah address nya dan cari host name www. domain kalian lalu ubah address nya sesuai dengan apa yang telah diinfokan qwords.    
    Selanjutnya, add a new DNS record (letaknya ada di kolom bawah setelah itu save changes). Silahkan input sebanyak 3 kali untuk host name dengan domain kalian, type A, isi address dengan address yang sama seperti yang telah kalian ubah sebelumnya. In fact, inputnya harus satu per satu, jika sudah click save changes. Terakhir input 1 kali untuk host name dengan kode unik yang kalian dapatkan ketika "error" di saat setting blog (yang aku kotakin warna ungu), ubah type menjadi "CNAME" lalu isi address dengan kode unik lainnya yang dari blog juga, kemudian save changes.
  9. Jika benar, maka tampilannya akan ada add a new record seperti di bawah ini (kecuali kode unik nya yah karena masing-masing akan berbeda, namanya juga unik):
  10. Jika semua tahapan sudah selesai, maka silahkan menunggu sampai domain .com kalian sudah bisa digunakan. Menurut info nya sih, harus menunggu sekitar 1-4 jam, but in fact begitu selesai semua tahapan cara setting DNS, aku langsung coba lagi setting ubah domain tsb di blog. Eh taunya udah bisa, ga ada error code lagi. Hahahaha ga sampai 10 menit bahkan :)
And then, tadaaaaaaa~ mission accomplished :p kalian sudah bisa mengganti blog kalian dengan domain pilihan kalian

My personal link has been changed successfully :)

Once again, welcome to www.riafiranty.com

Semoga informasi ini bermanfaat :)

Comments

Popular Posts

Bagi Tuhan tak ada yang mustahil ❤

Hey hey :) 

Tonight, I want to tell you about one song that He use to remind me. Whoaaaa lagi-lagi Dia menggunakan lagu ini untuk menguatkanku. Thank you, Jesus ❤
So, ini lagu yang liriknya super istimewa hihihi.
BagiTuhantak ada yang mustahil (by Sari Simorangkir) ku yakin saat Kau berfirman
ku menang saat Kau bertindak
hidupku hanya ditentukan oleh perkataanMu ku aman karna Kau menjaga
ku kuat karna Kau menopang
hidupku hanya ditentukan oleh kuasaMu Reff :
bagi Tuhan tak ada yang mustahil
bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin
mujizatNya disediakan bagiku
ku diangkat dan dipulihkanNya ku yakin saat Kau berfirman
ku menang saat Kau bertindak
hidupku hanya ditentukan oleh perkataanMu ku aman karna Kau menjaga
ku kuat karna Kau menopang
hidupku hanya ditentukan oleh kuasaMu BacktoReff
Entah udah berapa kali, aku rapuh, lelah dan rasanya ingin menyerah namun Jesus selalu menguatkan aku. Yup! Dia selalu mengingatkan aku bahwa aku ga bisa hanya mengandalkan kekuatanku sendiri. Saat ini, aku merasa bah…

Cara Tuhan Menenangkanku

Hey hey hey 😆
Hari ini aku mau sharing tentang cara ajaib Tuhan menenangkanku. Ini sungguh-sungguh terjadi. Aku aja masih amazed. Begitu banyak cara Tuhan untuk berkomunikasi sama kita, melalui beragam cara. Bahkan aku percaya demi menjadi alatNya untuk menebar kesaksian tentang betapa Tuhan sungguh baik, Tuhan mengizinkanku mengalami setiap peristiwa dan juga menolong dengan cara yang ajaib. Tuhan pakai aku untuk memberitakan kesaksian di hidupku. Aku tau Tuhan menaruh kerinduan ini di hatiku untuk selalu menyampaikan tentangNya melalui hobby menulisku. Jujur, awal nya aku kesulitan untuk menulis di blog dengan thema yang aku pilih ini karena aku mau tulisanku murni karyaku. Mungkin yang mengalami langsung bukan aku saja melainkan orang-orang terdekatku yang penting hasil tulisanku selalu murni tulisanku sendiri. Tuhan selalu tau aku memang kesulitan cari topik untuk keperluan menulisku banyak sih sebenar nya dan semua berujung di draft yang belum aku selesaikan wkwkwk tapi Tuhan l…

Hidup Kudus :)

Hello ! super long time no see. tonight, i feel like i have to share about something which is so important to you all people out there *banyak gaya* hahahaha.
hmmmm, tadi *barusan tepatnya* aku googling tentang renungan harian kristen dan i got this message tentang betapa pentingnya kita menjaga arti sebuah "kepercayaan", betapa sangat berharganya arti kepercayaan yang diberikan orang lain kepada kita dan masalahnya adalah betapa sulit kita mempercayai orang sekarang ini. bahkan ibaratnya, jauh lebih susah mencari orang yang bisa dipercaya daripada mencari orang yang tidak bisa dipercaya. mencari orang yang bisa dipercaya sama sulitnya dengan menjaga kepercayaan itu sendiri.
I think, kepercayaan itu sama dengan kekudusan, sesuatu yang sangat sakral. kepercayaan menjadi layaknya barang langka. oleh karena itu, kehadirannya sangat berharga.
kepercayaan = kekudusan. what the mean ? 

Jika berbicara tentang kekudusan, tentu yang terlintas dipikiran kita adalah &quo…